Komunitas Blogger dan Panduan Blog

Perbedaan Blogger dan Pebisnis Online

by Arik Baik , at 8:16:00 PM , has 1 comment
Perbedaan Blogger dan Pebisnis Online terletak pada tindakan yang dikerjakan secara nyata. Seorang pemilik blog tidak harus jago menulis. Pemilik blog tidak harus mahir desain template dan tata letak blog. Bahkan tanpa mengurusi masalah SEO, siapapun bisa memiliki sebuah blog. Silahkan pelajari lagi pengertian tentang blogging. Semua itu bisa diserahkan kepada orang lain atau membayar jasa seorang blogger.

Pekerjaan yang dilakukan oleh seorang blogger adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan blog itu sendiri. Mulai dari membuat blog, desain template dan tata letak, menulis konten artikel/isi, hingga masalah promosi blog atau SEO (search engine optimation). Biasanya kegiatan ngeblog diawali dari sebuah hobby. Kemudian dari hobby itulah seseorang ingin mempublikasikan tulisannya yang bisa dibaca oleh banyak orang. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya wawasan tentang blog, biasanya seseorang menjadikan blog sebagai sumber penghasilan.

Tetapi bagaimana jika semua kegiatan blogging itu tidak dilakukan sendiri? Namun diserahkan dan dipercayakan kepada orang lain dengan membayar jasa seorang blogger? Maka profesi itulah yang disebut sebagai manager blogger. Jadi kemampuan yang dimiliki oleh seorang manager blogger bukanlah skill bloggingnya, tetapi kemampuan managerialnya. Sama-sama memiliki blog, tetapi profesinya adalah sebagai manager blogger bukan seorang blogger. Kebetulan objek managaerialnya adalah blog. Dari sini semoga Anda mulai memahami apa itu yang disebut blogger. Bagaimana dengan pebisnis online?
Blog Ilustrasi
Blog Ilustrasi

Kemampuan memanage blog seperti yang dijelaskan di atas bisa dijadikan sebagai penghasilan online. Dalam konteks menjadikan sebuah bisnis online melalui blog. Maka pelaku yang bersangkutan bisa disebut sebagai pebisnis online. Bisa juga disebut sebagai internet marketer (IM) bukan lagi sebagai blogger.

Yang diperlukan oleh seorang pebisnis online adalah modal. Selain itu juga termasuk kapital, semua tinggal bayar dan kecerdikan untuk mengelola kesemuanya itu serta strategi jitu untuk mencari uang di internet. Jadi bukan lagi soal skill atau kemampuan blogging. Biasanya seorang blogger khususnya newbie alias pemula selalu mengandalkan hal yang bersifat gratis, tidak mau mengeluarkan modal. Jelas hasil dari modal gratisan lebih kecil ketimbang modal yang berbayar.

Bagaimana jadinya jika kedua kemampuan dan keahlian tersebut dimiliki oleh seseorang? Dia jago blogging tetapi sekaligus jago melakukan monetize terhadap blognya (baca: pengertian monetisasi). Tetap saja dapat dibedakan posisinya. Dari sisi kemampuan segala pernak pernik dalam mengelola blog, dia disebut sebagai seorang Blogger. Sedangkan dari sisi kemampuan untuk menjadikan blog sebagai kendaraan bisnis online, maka dia bisa disebut sebagai seorang Internet Marketer. Dalam artian dia memainkan 2 peran sekaligus.
Bisnis Online Internet Offline
Bisnis Online Internet Offline

Jadi kesimpulannya adalah seorang blogger dengan pebisnis online itu adalah 2 hal yang berbeda. Blogger itu adalah seorang spesialis dunia blogging. Sedangkan pebisnis online itu adalah seorang spesialis mencari uang online di internet. Terkait apakah keduan keahlian tersebut dimiliki oleh orang yang berbeda atau berada dalam satu pribadi, itu sudah lain soal. Yang jelas, keduanya adalah dual hal yang berbeda dan bukan identik.

Demikianlah ulasan mengenai perbedaan antara Blogger dan Pebisnis Online. Mungkin Anda memiliki pendapat yang berbeda? Silahkan tinggalkan pesan dan tanggapan Anda melalui kolom komentar yang telah tersedia. Terima kasih sudah membaca, salam berbagi dan salam cinta.
Perbedaan Blogger dan Pebisnis Online
About
Perbedaan Blogger dan Pebisnis Online - written by Arik Baik , published at 8:16:00 PM, categorized as Bisnis Internet , Bisnis Online , Blog , Blogging , Internet Marketing , Menulis Artikel , Monetize Blog , Motivasi , Peluang Bisnis , Ulasan . And has 1 comment
1  comment Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2016 Komunitas Blog
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Supported by Kelud Pedia
-->