Komunitas Blogger dan Panduan Blog

Kelebihan Dan Kekurangan OS Tizen

by Arik Baik , at 9:32:00 AM , has 2 komentar
Jika kita membicarakan Sistem Operasi pada ponsel, maka yang terlintas dalam fikiran kita adalah Android, iOS, WindowsPhone dan Blackberry OS. Namun dalam waktu dekat akan ada sistem operasi terbaru yang ikut meramaikan sistem operasi ponsel pintar yang diusung oleh vendor asal Korea Selatan, Samsung yakni OS Tizen.

Sebelumnya Tizen adalah sistem operasi dengan nama Meego yang merupakan gabungan dari Intel Mobilin dan Nokia Maemo. Namun karena Nokia memutuskan untuk lebih fokus ke sistem operasi WindowsPhonenya maka Meego pun ditinggalkan dan kini diganti dengan nama Tizen yang kini tengah diusung alah satu vendor ponsel terbesar yakni Samsung. Diyakini sistem operasi ini akan memiliki potensi yang besar dalam mengusung sistem operasi dari smartphone.

Kini Samsung mulai mengaplikasikan OS Tizen ini pada perngkat buatannya. Pada 3 Juni 2014, Samsung telah resmi mengenalkan smartphone pertamanya bertajuk Samsung Z dengan OS Tizen pada ajang Tizen Developer Conference di San Francisco, Amerika Serikat. Berita ini tentunya menjadi topik baru dalam sistem operasi ponsel. Namun sistem operasi Tizen ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ulasannya.
Logo OS Tizen
Logo Ilustrasi OS Tizen

Kelebihan Sistem Operasi Tizen
  • Hadir dengan dukungan browser HTML5 terbaik
  • Mampu menjalankan semua aplikasi yang sudah ada pada sistem operasi Android
  • Didukung vendor ponsel raksasa Samsung yang berpeluang untuk berkembang pesat
  • Dapat dikembangkan pada perangkat lainnya, seperti Smart TV, Smart camera, dan notebook
  • Mendukung aplikasi pihak ketiga yang berbasis WEB (HTML5, CSS, JavaScript), Native (C/C++) dan Hybrid (Web & Native)

Kekurangan Sistem Operasi Tizen
  • Masih membutuhkan pengenalan kepada publik untuk mendapatkan respon positif
  • Untuk saat ini masih menjadi prioritas kedua dari Samsung, sebab Samsung masih memprioritaskan Android pada produknya
  • Masih membutuhkan sosialisasi dan diferensiasi fungsi serta produk untuk membedakan dengan kompetitor yang sudah ada sebelumnya
ScreenShoot OS Tizen
ScreenShoot OS Tizen

OS Tizen merupakan sistem operasi yang diusung oleh Samsung bekerjasama dengan Linux Foundatiion. Berakar dari sistem operasi komputer Linux yang bersifat open source, dimana penggunanya dapat mengotak-atik sistem nya sesuai dengan kebutuhan ponsel itu sendiri. Sifat OS Tizen ini sama dengan OS Android dari Google. Namun sistem operasi ini diprediksi akan menyaingi Android dan  iOS.

BACA JUGA: Spesifikasi Keunggulan dan Kelemahan Samsung Z2

Itulah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan atau keunggulan serta kelemahan OS atau Operasi System Tizen yang juga diaplikasikan pada ponsel Samsung Z2. Terima kasih sudah mampir di blog ini dan membaca postingan tentang Kelebihan Dan Kekurangan OS Tizen. Terima kasih telah menyimak, salam berbagi dan salam cinta.
Kelebihan Dan Kekurangan OS Tizen
About
Kelebihan Dan Kekurangan OS Tizen - written by Arik Baik , published at 9:32:00 AM, categorized as Android , Gadget , Info Internet , Informasi Unik , Tekhnologi . And has 2 komentar
2 komentar Add a comment
Thanks for your post, you can know about linux from this website http://linux.blog.gunadarma.ac.id/
u re welcome brother ;)
Delete
Reply Delete
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2016 Komunitas Blog
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Supported by Kelud Pedia
-->